Ternyata Sakit Stroke Hemoragik Bisa Dicegah.

Stroke adalah penyakit dengan jumlah kematian dan kecacatan tertinggi di dunia. Satu dari enam orang di dunia pernah terserang penyakit stroke. Tujuh belas juta orang di dunia menderita penyakit stroke. 

Enam juta orang di dunia meninggal dunia akibat stroke. Sebenarnya 90% stroke dapat dicegah dengan memodifikasi faktor risikonya.
Salah satu kasus stroke yang sering dijumpai adalah stroke hemoragik. Stroke hemoragik adalah perdarahan yang terjadi apabila lesi vaskular intraserebrum mengalami ruptur. Perdarahan ini 73% terjadi di ruang Intraserebral. Secara sederhana pendarahan yang terjadi karena tekanan pada struktur – struktur vital batang otak. Sehingga mempengaruhi kinerja saraf yang mengatur pernafasan.

stroke hemoragik adalah

Stroke hemoragik disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :

  1. Obesitas

Obesitas atau kegemukan merupakan seseorang yang memiliki berat badan berlebih dengan IMT lebih besar daripada 27,8 kg/m².

  1. Hipertensi

Hipertensi yang didefinisikan sebagai peningkatan tekanan darah sistolik sedikitnya 140 mmHg atau tekanan diastolic sedikitnya 90 mmHg dalam jangka waktu yang lama.

  1. Kolesterol

Peningkatan kadar kolesterol bisa menyebabkan stroke hemoragik. Dikarenakan perkembangan plak aterosklerotik aorta pada pasien stroke hemoragik.

Mencegah dan mengatasi Stroke hemoragik memerlukan pengobatan darurat yang segera. Fokus pengobatan adalah untuk mengendalikan pendarahan di otak dan mengurangi tekanan yang diakibatkan oleh perdarahan.

stroke hemoragik adalah

Setelah pengobatan darurat berhasil mengendalikan stroke hemoragik, perlu diambil langkah-langkah perawatan lebih lanjut.

Mengendalikan tekanan darah dapat membantu mencegah stroke menjadi perdarahan intraserebral. Pelajari efek obat dan makanan lain terhadap kadar obat dalam aliran darah Anda jika Anda mengkonsumsi warfarin. 

Anda bisa mengalami pendarahan jika terlalu banyak warfarin dalam darah Anda. Jika mengalami kolesterol tinggi, segera dapatkan perawatan. 

Hindari mengkonsumsi alkohol berlebihan dan Anda wajib menghindari penggunaan kokain atau amfetamin. Hindari merokok karena dapat meningkatkan risiko aneurisma. Dengan tidak merokok Anda dapat mencegah terjadinya stroke hemoragik.

Semoga penjelasan diatas dapat membantu Anda untuk mencegah dan mengatasi resiko stroke hemoragik sedini mungkin agar terhindar dari resiko lanjutan yang lebih berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories