Mamikos Perluas Solusi Pengelolaan Properti, Hadirkan “Apik by Singgahsini”

Platform listing indekos Mamikos memperkenalkan “Apik by Singgahsini”, layanan baru untuk solusi pengelolaan properti indekos yang mengedepankan standar kualitas pelayanan. Layanan ini melengkapi solusi Mamikos lainnya, setelah listing indekos dan Singgahsini (sebelumnya bernama Mamirooms).

Co-Founder & CEO Mamikos Maria Regina Anggit mengatakan kehadiran Apik by Singgahsini dapat memberikan akses kemudahan untuk membantu Mitra Mamikos dalam menjalankan bisnis kosnya dengan efektif dan membuka peluang dalam memanfaatkan saluran pemasaran yang sesuai dengan pasar.

“Bagi sebagian besar penyewa kosan yang merupakan perantau jauh dari keluarga, kos-kosan telah menjadi rumah kedua. Untuk itu, penting bagi Mitra Mamikos untuk memperhatikan pengelolaan kos yang tepat,” terangnya dalam keterangan resmi.

Dijelaskan lebih jauh oleh Anggit saat dihubungi DailySocial, Apik by Singgahsini dan Singgahsini adalah sama-sama solusi pengelolaan properti dari Mamikos. Perbedaannya dari sisi standarisasi fasilitas. Apik by Singgahsini memiliki ketentuan indekos yang didaftarkan memiliki fasilitas dasar, seperti kasur berdipan, tirai, dan jaringan Wi-Fi. Apik by Singgahsini diperuntukkan bagi Mitra Mamikos yang terletak di area-area strategis di perkotaan.


Apik by Singgahsini / Mamikos
Apik by Singgahsini / Mamikos

Sedangkan ketentuan di Singgahsini lebih premium karena indekos yang didaftarkan harus memiliki Wi-Fi, kamar mandi dalam dan closet duduk, AC, kasur berdipan, meja, kursi, dan lemari. “Untuk pemilik kos yang memasang listing di Mamikos tidak otomatis terdaftar di layanan keduanya [Apik by Singgahini dan Singgahsini]. Mereka harus mendaftar terlebih dulu dan melalui proses verifikasi.”

Selain itu, Mamikos juga memberikan pelatihan dalam meningkatkan kapasitas pengelolaan manajemen, di antaranya pelatihan kepada operator kos dan penjaga kos agar dapat membantu Mitra menjalankan bisnisnya dengan layanan yang profesional.

Tak hanya itu, dalam platform Apik juga disediakan pengelolaan manajemen properti kos, seperti laporan performa bisnis bulanan, property branding, pemasaran dengan konten visual, dan customer service yang melayani keluhan pengguna.

“Kami yakin dengan penerapan standar pelayanan yang profesional, akan membantu pemilik dan pengelola kos untuk meningkatkan okupansi properti kosnya, mengembangkan potensi pendapatan bisnis kos secara maksimal, dan menciptakan pengalaman penyewa kosan yang lebih baik, sehingga kos memiliki retensi dan loyalitas yang baik.”

Anggit menuturkan kedua solusi pengelolaan properti ini adalah cara Mamikos dalam melakukan monetisasi. Meski tidak dijelaskan persentasenya, dia bilang saat bergabung dengan layanan Apik by Singgahsini dan Singgahsini akan ada komisi yang skema serta besarannya ditentukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Tren hunian indekos

Industri properti indekos sempat terpukul pada awal pandemi karena aktivitas belajar mengajar dialihkan ke rumah. Namun seiring waktu, pelonggaran sejumlah aktivitas luar dari pemerintah kembali menggairahkan. Hal yang sama juga dirasakan oleh Mamikos.

Pada Q1 2021 kemarin, permintaan indekos kembali meningkat di beberapa kota, mulai dari 100%-200% walaupun belum merata. Menurut Anggit, apabila kondisi pandemi membaik di paruh kedua tahun ini, didukung oleh semakin meratanya vaksin dan kebijakan perkuliahan, diperkirakan peningkatannya bisa mencapai 300% di daerah bisnis dan 400%-500% di daerah kampus.

Saat ini Mamikos menyediakan informasi kos Mitra tersebar di 142 kota dan ada ratusan ribu mitra yang bergabung. Lokasi para mitra, tersebar di Jabodetabek, Yogyakarta, Medan, Bandung, dan Surabaya.

Indekos memang menjadi salah satu alternatif hunian yang cukup terjangkau, khususnya bagi pekerja dan pelajar di perkotaan. Besarnya minat atas indekos, membuat banyak platform digital mencoba menjembataninya. Selain Mamikos, di Indonesia ada beberapa pemain lainnya dengan keunikan masing-masing, di antaranya RoomMe, Flokq, Rukita, KoolKost by RedDoorz, hingga Oyo Life.

Application Information Will Show Up Here

.
Pada Q1 2021 kemarin, permintaan indekos kembali meningkat di beberapa kota, mulai dari 100%-200% walaupun belum merata .
Sumber : DailySocial .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories