KertasQ.com Konsisten Melayani Kebutuhan Kertas di Tengah Era Digital.

Kertas merupakan sebuah media yang memiliki fungsi utama untuk ditulis dan dicatat. Penemuan kertas adalah sebuah terobosan luar biasa dalam sejarah peradaban umat manusia.

Namun akhir-akhir ini gencar kembali rencana gerakan masyarakat tanpa kertas (paperless society) sebagai akibat dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cukup cepat. Munculnya sebutan paperless society ini pertama kalinya dikenalkan oleh seorang pakar informasi Inggris, Frederick Wilfrid Lancester sekitar tahun 1978. Mereka berpendapat agar masyarakat tidak lagi memanfaatkan kertas sebagai media tulis, baca, dan pertukaran informasi.

Mengamati keadaan jaaman sekarang tidak dapat dipungkiri bahwa konsumsi masyarakat terhadap kertas relatif menurun. Banyak masyarakat yang dahulunya berlangganan koran, majalah, tabloid, dan lainnya menghentikan langganannya dan beralih kepada media online. Era digital atau sering disebut digitalisasi dengan internet sebagai platform utamanya mengakibatkan kebiasaan baca, tulis, dan pertukaran informasi melalui kertas beralih pada penggunaan gadget.

Meskipun berkurang, namun keberadaan kertas rasanya masih belum dapat tergantikan.

Beberapa faktor yang membuat kertas masih menjadi barang yang sulit digantikan oleh perangkat digital apapun, yaitu

Yang pertama adalah rasa memiliki, contohnya adalah buku elektronik atau e-book. Sepraktis apapun sebuah teknologi buku elektronik tidak akan membuat pemiliknya mempunyai sebuah rasa kepemilikan yang erat jika dibandingkan buku-buku itu berbentuk fisik. Rasa memiliki sebuah buku yang ada fisiknya jauh berbeda jika kita hanya memiliki salinan digitalnya. Lemari atau rak di ruang tamu akan lebih menarik ketika kita menempatkan koleksi buku yang kita miliki di sana.

Kita juga bisa melihat ribuan foto yang ada dalam galeri gadget kita, namun rasanya akan berbeda ketika kita melihat sebuah foto yang  dicetak dalam kertas foto, dipigura, dan dipajang di lemari atau dinding rumah.  Kita bisa menyentuh foto digital, namun hubungan batin tidak akan terasa seperti ketika kita menyentuh foto orang tercinta yang dipigura.

Faktor penting berikutnya adalah penggunaan kertas dalam dunia pendidikan dan literasi cenderung lebih menyehatkan di era digital. Beberapa fungsi syaraf dan psikologi manusia lebih berkembang saat mereka membaca dan menulis pada selembar kertas dibandingkan menulis atau membacanya pada layar komputer.

Bukan hanya itu, menulis pada kertas juga membantu kita untuk belajar dan mengingat secara efektif. Mekanika gerakan tangan kita saat menulis tangan lebih menstimulasi ingatan dibandingkan saat mengetikkan jari di papan ketik.

Fungsi lain yang tak kalah penting dari kertas dan masih belum dapat digantikan adalah tentang otentifikasi pribadi dan keamanan. Pernahkah kita berpikir mengapa di era digital sekarang, kita masih harus membubuhkan tanda tangan diatas kertas pada setiap dokumen resmi? Ini karena masyarakat lebih mudah memalsukan apapun dengan teknologi digital dibandingkan secara manual. Itulah sebabnya selalu ada kertas dalam setiap perjanjian resmi, atau dokumen-dokumen penting lain yang membutuhkan otentifikasi pribadi. Buku tabungan, surat perjanjian, kartu identitas diri, itu semua membutuhkan otentifikasi pribadi yang hanya bisa didapatkan diatas selembar kertas. Secanggih apapun personalisasi digital, seketat apapun kata kunci akun-akun pribadi, dunia maya tetap beresiko terjadi pencurian dan pemalsuan identitas pribadi.

Menyadari akan masih pentingnya kertas untuk masyarakat, untuk itulah KertasQ, salah satu pelopor platform distributor kertas  di Indonesia tetap konsisten untuk menyediakan kertas dengan kualitas terbaik.

Di tengah gempuran digitalisasi, KertasQ.com mampu beradaptasi secara professional untuk memenuhi kebutuhan kertas semua kalangan dan sektor usaha yang membutuhkannya.

KertasQ.com melayani kebutuhan nota (continuous form, thermal paper dan register roll) untuk restoran, cafe, bengkel, perkantoran, dan lain sebagainya. Anda dapat memesannya secara grosir maupun dalam jumlah kecil (eceran).

KertasQ.com juga paham bahwa setiap bidang usaha memiliki kebutuhan dan karakteriktik yang berbeda, maka KertasQ juga memberikan layanan custom untuk ukuran, warna, jumlah lembar (Ply), logo, dan lain sebagainya yang bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen

Sudah menjadi komitmen KertasQ.com untuk memberikan harga, kualitas, serta layanan terbaik untuk Konsumen. KertasQ.com juga menyediakan pengiriman ke tempat Anda. Anda bahkan dapat request jasa pengiriman logistik yang sesuai agar dapat mengantar pesanan dengan aman ke lokasi Anda.

Jadi untuk Anda yang masih membutuhkan kertas untuk pekerjaan atau usaha Anda saat ini, jangan ragu untuk menghubungi tim KertasQ.com. KertasQ.com juga telah hadir diberbagai platform belanja elektronik untuk memudahkan Anda memesan kebutuhan kertas Anda. Customer services KertasQ.com akan dengan senang hati melayani Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories