Colorful Luncurkan SSD SATA Seukuran Flash Disk

Deretan SSD PCIe 4.0 dari berbagai pabrikan belakangan ini membuat SSD SATA terdengar kurang menarik. Dari segi kecepatan semata, SSD PCIe 4.0 menang telak sampai berkali-kali lipat. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak konsumen yang membutuhkan SSD SATA, dan itulah mengapa pabrikan seperti Samsung juga masih menelurkan seri SSD SATA baru di tahun 2021.

Di tempat lain, ada Colorful yang mencoba melakukan hal yang berbeda terhadap SSD SATA. Mereka baru saja meluncurkan SL500 Mini SSD, dan jika Anda penasaran seberapa kecil ukurannya, Anda bisa langsung lihat gambar di atas – di sebelah kiri adalah SSD SATA standar berukuran 2,5 inci, dan di sebelah kanan adalah SL500 Mini.

Begitu mungilnya, SL500 Mini bahkan lebih kecil lagi daripada SSD SATA yang menggunakan form factor M.2. Berdasarkan keterangan dari Colorful, dimensi SL500 Mini tercatat di angka 26 x 68 x 7 mm, atau cuma sekitar 26% dari ukuran SSD SATA biasa, dan kurang lebih sama kecilnya seperti sebuah USB flash drive.


Colorful SL500 Mini SSD

Pada kenyataannya, mustahil membuat SSD SATA yang lebih kecil lagi daripada SL500 Mini, sebab memang ukuran tersebut sudah yang paling minimal agar bisa menampung konektor SATA. Namun meskipun imut-imut dan berbobot tidak lebih dari 2 gram, SL500 Mini tetap dirancang mengikuti standar ketahanan terhadap guncangan maupun suhu tinggi.

Secara teknis, form factor seperti ini dikenal dengan istilah SDP, alias SATA Disk in Package. Bentuk sekecil ini hanya bisa dicapai dengan mengintegrasikan unit controller dan chip NAND di satu modul yang sama. Untungnya, hal ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap performanya.

SL500 Mini menawarkan kinerja yang bisa dibilang identik dengan banyak SSD SATA lainnya, yang berarti kecepatan transfer datanya tidak bisa melebihi bandwidth SATA III di 6 Gbps. Persisnya, SL500 Mini menawarkan kecepatan baca 500 MB/s dan tulis 480 MB/s. Ia hadir dalam dua pilihan kapasitas: 500 GB dan 250 GB. Khusus varian 250 GB, kecepatan tulisnya sedikit lebih rendah di 450 MB/s.

Di Amerika Serikat, Colorful SL500 Mini SSD rencananya akan dijual di kuartal pertama tahun ini juga. Harganya dipatok $60 untuk varian 500 GB, dan $40 untuk varian 250 GB.

Sumber: PC Gamer dan Tom’s Hardware.

.
Mustahil lebih kecil lagi daripada ini .
Sumber : DailySocial .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories